العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Internasional

DUKUNG AKREDITASI IAIN PONTIANAK, SEKRETARIS LPM JADI PEMBICARA SEMINAR INTERNASIONAL DI BRUNEI

Dukung Akreditasi IAIN Pontianak, Sekretaris LPM Jadi Pembicara Seminar Internasional di Brunei

Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam – Borneo Islamic International Conference (KAIB ke-15) diselenggarakan pada 5-7 Juni 2024 di International Convention Center (ICC), Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Acara ini diprakarsai oleh Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei dengan dukungan dari 10 perguruan tinggi dari tiga negara: Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Dalam konferensi tahunan ini, sebanyak 246 kertas kerja dipresentasikan dalam sesi plenary. Salah satu pemateri yang berpartisipasi adalah Dr. Erwin, dosen pascasarjana IAIN Pontianak dan sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak. Beliau menyampaikan makalah berjudul “Inventarisasi Lektur Keagamaan Borneo sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah”.

Dr. Erwin dalam presentasinya menekankan bahwa Kepulauan Borneo memiliki kekayaan intelektual yang melimpah berupa karya-karya ulama terdahulu. Karya-karya tersebut pernah menjadi referensi utama dalam bidang ilmu tauhid, fikih, tafsir, hadis, tasawuf, dan bahasa. Namun, seiring berjalannya waktu, karya-karya tersebut mulai ditinggalkan dan kurang diakses sebagai referensi dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) kontemporer.

Kajian yang dilakukan Dr. Erwin mengidentifikasi dan mengkaji secara sistematis kumpulan karya keagamaan dari ulama Borneo, khususnya di Kabupaten Sambas. Fokus kajian ini adalah penggalian potensi dan keberlanjutannya sebagai sumber belajar dalam PAI di madrasah. Hasil inventarisasi menunjukkan adanya potensi besar untuk mengintegrasikan karya ulama lokal Kalbar sebagai sumber belajar PAI di madrasah dan sekolah.

Kontribusi kajian ini terletak pada pengembangan strategi dan kebijakan pendidikan agama Islam yang berbasis pada warisan intelektual lokal. Selain itu, kajian ini juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana karya-karya ulama dapat diintegrasikan kembali sebagai sumber belajar yang relevan dan bermanfaat bagi generasi Islam masa kini dan masa depan.

Partisipasi Dr. Erwin dalam konferensi ini diharapkan dapat mendukung akreditasi IAIN Pontianak, sekaligus memperkuat posisi institusi tersebut dalam kancah akademik internasional.

Tim Pewarta LPM

Bagikan:

Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Hendrick Pramana, S.T, M.T., Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, mewakili…

DUKUNG ZERO TOLERANCE: LPM IAIN PONTIANAK HADIRI DISEMINASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI KPK

DUKUNG ZERO TOLERANCE: LPM IAIN PONTIANAK HADIRI DISEMINASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI KPK

Tim Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, turut serta dalam Kegiatan Diseminasi Strategi Nasional dan Panduan…

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjadi Narasumber dalam…