العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Kegiatan/Event

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU IAIN PONTIANAK HADIRI BIMBINGAN TEKNIS STANDAR PENDIDIKAN TINGGI DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Pontianak Hadiri Bimbingan Teknis Standar Pendidikan Tinggi di Universitas Tanjungpura

PONTIANAK – Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak diwakili oleh Muchammad Djarot, M.Pd (Koordinator Pusat PSM LPM) memenuhi undangan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Standar Pendidikan Tinggi di Universitas Tanjungpura Pontianak. Informasi tersebut tercantum dalam Surat Undangan Universitas Tanjungpura Pontianak dengan nomor 510/UN22.11/JM.01.00/20240 yang diterbitkan pada tanggal 6 Maret 2024. Kegiatan tersebut berlangsung Sabtu tanggal 9 Maret 2024 di Ruang Theater I, Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak dan melibatkan Narasumber utama yakni Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M. Agr dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 14 peserta antara lain Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Rektor Universitas Panca Bhakti Pontianak, Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Pontianak, Rektor Universitas OSO, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Pontianak, Rektor Universitas Widya Dharma Pontianak, Rektor IAIN Pontianak (perwakilan dari LPM), Rektor IKIP PGRI Pontianak, Ketua STIKES Yarsi Pontianak, Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Abdi Wacana Pontianak, Ketua STIKES Sambas, Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Direktur Politeknik Tonggak Equator Pontianak, dan Direktur Politeknik Negeri Pontianak.

Beberapa poin penting yang dibahas dalam bimbingan teknis ini meliputi :

  1. Transformasi standar nasional terkait Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 merupakan bentuk integrasi dan pembauran dari empat peraturan mengenai Sistem Penjaminan Mutu (Permendikbusridtek 62 tahun 2016), Standar Nasional Pendidikan tinggi), Permendikbud Nomor 3 tahun 2020), akreditasi (Permendikbud nomor 5 tahun 2020), dan standar Pendidikan guru (Permendikbudristek nomor 56 tahun 2022). Dengan diterbitkannya Permendikbusristek Nomor 53 tahun 2023, keempat peraturan tersebut dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
  2. Standar nasional Pendidikan tinggi yang baru berfungsi sebagai kerangka (framework) mutu penyelenggaraan Pendidikan tinggi, tidak lagi preskriptif atau mengatur secara rinci.
  3. Tahap membangun dan mengimplementasikan SPMI mengacu pada Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023: Kebijakan SPMI, pedoman penerapan siklus PPEPP dalam SPMI, standar penyelenggaraan Pendidikan dan pengelolaan PT, tata cara pendokumentasian implementasi SPMI, penerapan SPMI (al: Pelembagaan), evaluasi dan pengendalian SPMI, dan peningkatan SPMI
  4. Universitas Tanjungpura Pontianak dalam proses memacu akreditasi program studi baik Sarjana, Magister, dan Doktor ke ranah akreditasi internasional.

Selain itu, diskusi juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antarlembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Pontianak. Kehadiran berbagai institusi dalam kegiatan tersebut mencerminkan komitmen bersama untuk memperkuat sistem pendidikan tinggi dan memastikan bahwa standar mutu yang diterapkan mencapai tingkat yang optimal. Selain menyusun dokumen standar pendidikan tinggi, pertemuan ini juga menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan praktek terbaik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan diwilayah tersebut. Diharapkan, kerja sama ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan pendidikan di Pontianak.

Tim Pewarta LPM

Bagikan:

Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

MQA and BAN-PT Sign MOU to Strengthen Higher Education Quality Assurance

On April 22nd, 2024, in Putrajaya, the Malaysian Qualifications Agency (MQA) and Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) signed a…

LPM IAIN PONTIANAK GELAR RAPAT KOORDINASI TIM INSTRUMEN SUPLEMEN KONVERSI KE DUA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU INSTITUT

LPM IAIN PONTIANAK GELAR RAPAT KOORDINASI TIM INSTRUMEN SUPLEMEN KONVERSI KE DUA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU INSTITUT

Menindaklanjuti dari Rapat Koordinasi Tim ISK sebelumnya. Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali mengadakan Rapat Koordinasi…

SEKRETARIS LPM DR. ERWIN, M.AG, BERBAGI WAWASAN DALAM PENYUSUNAN RENSTRA PADA RAPAT KERJA STAKAT NEGERI PONTIANAK

SEKRETARIS LPM DR. ERWIN, M.AG, BERBAGI WAWASAN DALAM PENYUSUNAN RENSTRA PADA RAPAT KERJA STAKAT NEGERI PONTIANAK

- Dr. Erwin, M.Ag, Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, menjadi narasumber (Narsum) dalam penyusunan…