العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Kegiatan/Event

PENILAIAN BKD SEMESTER GANJIL DI IAIN PONTIANAK: DR. ALI HASMY TEKANKAN PENTINGNYA PELAPORAN KINERJA DOSEN

Penilaian BKD Semester Ganjil di IAIN Pontianak: Dr. Ali Hasmy Tekankan Pentingnya Pelaporan Kinerja Dosen

PONTIANAK – Wakil Rektor I Bidang Akademik & Pengembangan Lembaga (APL) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, menyampaikan materi tentang Kinerja Dosen dalam Kegiatan Penilaian dan Review Beban Kinerja Dosen (BKD) Semester Ganjil Tahun 2023/2024. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 19 s/d 21 Juni 2024, bertempat di Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak.

Dalam paparannya, Dr. Ali Hasmy, M.Si., selaku Wakil Rektor I Bidang APL, menjelaskan bahwa Beban Kerja Dosen merupakan kegiatan yang diwajibkan kepada Dosen dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik profesional dan ilmuwan pada kurun waktu tertentu. Secara detail dijelaskan dalam UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 72.

Dr. Ali Hasmy, M.Si., juga menjelaskan Beban Kerja Dosen perlu dilaporkan secara periodik untuk mengetahui gambaran kinerja riil dosen melaksanakan Tri Dharma dalam hitungan sks pada satu semester terakhir yang sudah dijalani, dimana batas rentang sks paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks.

Beban Kerja Dosen dilakukan untuk merekam kinerja dosen dalam menjalankan Tridharma, yang dapat dilakukan berdasarkan beberapa kegiatan seperti:

  • Merencanakan pembelajaran
  • Melaksanakan proses pembelajaran
  • Melakukan evaluasi pembelajaran
  • Membimbing dan melatih
  • Melakukan penelitian
  • Melakukan tugas tambahan
  • Pengabdian Masyarakat

Selain itu, Dr. Ali Hasmy menekankan bahwa Beban Kerja Dosen wajib dilaporkan setiap semester di perguruan tinggi penugasan dengan ketentuan kriteria pencapaian minimal 12 SKS dan maksimal 16 SKS. Hal ini penting untuk memastikan dosen melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman dosen mengenai pentingnya pelaporan kinerja secara rutin dan transparan. Dengan demikian, kualitas pendidikan di IAIN Pontianak dapat terus ditingkatkan melalui evaluasi dan pemantauan kinerja dosen yang lebih efektif.

Tim Pewarta LPM

 

Bagikan:

Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Hendrick Pramana, S.T, M.T., Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, mewakili…

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjadi Narasumber dalam…

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

Menjadi momen penting bagi Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan kedatangan Ketua LPM Universitas…