العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Kegiatan/Event

PARTISIPASI LPM IAIN PONTIANAK DALAM NGOBROL PINTAR PENJAMINAN MUTU YANG KE 24 DALAM MENYONGSONG APT UNGGUL

Partisipasi LPM IAIN Pontianak dalam Ngobrol Pintar Penjaminan Mutu Yang Ke 24 Dalam Menyongsong APT Unggul

PONTIANAK – Tim Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, yang terdiri dari Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd (Ketua LPM), Dr. Erwin, M.Ag (Sekretaris LPM) dan Nur Rahmiani, M.Pd (Korpus Pengembangan Kurikulum Pembelajaran dan Asesmen) ikut aktif berpartisipasi dalam Kegiatan Ngobrol Pintar Penjaminan Mutu (Ngopi Jamu Ke-24) yang diselenggarakan oleh Presidium Penjaminan Mutu PTKIN dan Subdit Kelembagaaan Direktorat PTKI Kementerian Agama RI. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Rabu, 20 Maret 2024, pukul 13.00-15.00 WIB.

Opening Speech oleh Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd selaku Ketua Presidium Forum Penjaminan Mutu PTKIN sekaligus Ketua LPM IAIN Pontianak. Dilanjutkan dengan presentasi dari Kasubdit Mutu Akademik Kemenag RI, Abdur Rouf, serta Pemateri Prof. H. Buhori Muslim dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Dr. H. Syahril Jamil, M.Ag dari UIN Raden Fatah Palembang. Moderator pada acara ini adalah Prof. Dr. Asnaini, MA dari UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dengan tema Best Practices: “APT Unggul skema Reakreditasi”.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Syahril Jamil, M.Ag dari UIN Raden Fatah Palembang menyampaikan beberapa poin penting terkait Roadmap APT Unggul 2024 yang meliputi: Konsolidasi, Action, Evaluasi, Reakreditasi dan Akreditasi Perguruan Tinggi dengan target Unggul. Hello Effects dalam Komunikasi & Kerjasama yang Baik menurut  Dr. Syahril Jamil, M. Ag adalah :

  • Komunikasi dengan asesor harus proaktif, friendly, clear, dan sensitive.
  • Proses penjemputan harus on time, dengan penjemput yang representative, apresiatif, dan informatif.
  • Tunjukkan kekompakan dan semangat kerja sama yang tinggi, dan hindari sikap self-centered.
  • Tunjukkan sikap optimis, percaya diri, dan saling percaya.

Sementara itu, Prof. Dr. Buhori Muslim, M.Ag dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, membahas Manajemen Pengelolaan APT Menuju Peringkat Unggul yang harus dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi serta tindak lanjut. Empat Kunci Meraih Peringkat Unggul APT menurut nya  :

  1. Perencanaan yang matang
  2. Kerja kolaboratif
  3. Menjaga kekompakan
  4. Berfungsinya leadership

 

Dengan demikian, kegiatan Ngobrol Pintar Penjaminan Mutu tersebut memberikan wawasan dan strategi yang berharga dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di lingkungan IAIN Pontianak.

Tim Pewarta LPM

Bagikan:

Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

MQA and BAN-PT Sign MOU to Strengthen Higher Education Quality Assurance

On April 22nd, 2024, in Putrajaya, the Malaysian Qualifications Agency (MQA) and Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) signed a…

LPM IAIN PONTIANAK GELAR RAPAT KOORDINASI TIM INSTRUMEN SUPLEMEN KONVERSI KE DUA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU INSTITUT

LPM IAIN PONTIANAK GELAR RAPAT KOORDINASI TIM INSTRUMEN SUPLEMEN KONVERSI KE DUA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU INSTITUT

Menindaklanjuti dari Rapat Koordinasi Tim ISK sebelumnya. Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali mengadakan Rapat Koordinasi…

SEKRETARIS LPM DR. ERWIN, M.AG, BERBAGI WAWASAN DALAM PENYUSUNAN RENSTRA PADA RAPAT KERJA STAKAT NEGERI PONTIANAK

SEKRETARIS LPM DR. ERWIN, M.AG, BERBAGI WAWASAN DALAM PENYUSUNAN RENSTRA PADA RAPAT KERJA STAKAT NEGERI PONTIANAK

- Dr. Erwin, M.Ag, Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, menjadi narasumber (Narsum) dalam penyusunan…