العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita

RAPAT KOORDINASI PENILAIAN BEBAN KINERJA DOSEN SEMESTER GENAP TA. 2021-2022

Rapat Koordinasi Kegiatan Penilaian Beban Kinerja Dosen Semester Genap TA. 2021-2022

PONTIANAK-Kegiatan Penilaian Beban Kinerja Dosen IAIN Pontianak merupakan program peningkatan kualitas dosen sebagai tenaga pendidik profesional yang bersertifikat. Kegiatan ini merupakan pengejawantahan integritas dan akuntabilitas publik dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat). Jika kualitas dosen semakin meningkat, maka kualitas lembaga pendidikan tinggi di Indonesia juga semakin meningkat, khusus IAIN Pontianak sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Keagmaan Islam (PTKI).

Pelaksanaan Penilaian Beban Kinerja Dosen adalah respon terhadap UU RI Nomor14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen sebagaimana dijelaskan pada pasal 1 ayat 2 bahwa “Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.

IAIN Pontianak sebagai salah satu Satuan Kerja di bawah Kementerian Agama RI, telah melakukan Kegiatan Penilaian Beban Kinerja Dosen secara rutin setahun dua kali. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi kinerja para dosen sekaligus sebagai instrument mengukur pencapaian standar kinerja dosen. Jika hasil penilaian kinerja dosen ini menunjukkan bahwa kinerjanya telah memenuhi syarat undang-undang, maka yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan tunjangan profesi dosen (Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 164/PMK.05/2010).

Sehubungan akan dilaksanakannya Kegiatan Penilaian Kinerja Dosen Semester Genap TA. 2021/2022 serta menindaklanjuti hasil temuan Irjen Kemenag RI perihal Laporan Kinerja Dosen (BKD) maka LPM telah melakukan Koordinasi Pelaksanaan Penilaian Kinerja Dosen pada Kamis (10/6) pagi yang berlangsung secara daring melalui platfoam Zoom Meeting. Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB dihadiri oleh seluruh komponen LPM dan para Penilai Beban Kinerja Dosen Bersertifikasi Pendidik IAIN Pontianak yaitu asesor yang memiliki NIRA (Nomor Induk Registrasi Asesor).

Dalam hal ini Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd selaku Ketua LPM yang juga diberikan amanah sebagai salah satu Asesor BKD menyampaikan beberapa hal terkait teknis pelaksanaan dan jadwal kegiatan untuk para asesor dan asesi.

“Kalau tidak ada perubahan teknis pelaksanaan, Insya Allah akan tetap berjalan” ujar Drs. H. Dulhadi, M.Pd selaku peserta zoom.

Selanjutnya, Dr. Zulkifli, S.Ag., MA mengucapkan terimakasih kepada LPM dan para asesor yang telah meluangkan waktu untuk kegiatan Penilaian Kinerja Dosen.

“Jika terdapat kesulitan sebaiknya LPM melakukan pendekatan personal kepada para asesi serta harus adil dalam keterlambatan laporan, jangan tebang pilih” sarannya.

Dr. Rianawati, M.Ag juga  menyampaikan poin yang paling sulit untuk dicapai bagi dosen yaitu pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kewalahan bagi dosen yang suka mengajar dan mudah bagi dosen yang suka menulis atau meneliti” terangnya.

“Bagaimana LPM dapat berkoordinasi dengan Dekan terkait program penelitian dan pengabdian untuk para dosen agar poin tersebut tercapai serta adanya link dari fakultas untuk menyimpan dokumen seperti SK, buku, jurnal dll sehingga dapat meringankan dosen” sarannya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilakukan dengan lancar dan sukses seta kami membuka diri untuk menerima saran dan masukan” papar  Dr. Erwin, M.Ag selaku Sekertaris LPM yang telah memandu Kegiatan ini sehingga dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Penulis : HM

Bagikan:

Oktober 2022
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjadi Narasumber dalam…

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

Menjadi momen penting bagi Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan kedatangan Ketua LPM Universitas…

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU BERPARTISIPASI AKTIF DALAM WORKSHOP PENYUSUNAN RPS PRODI HUKUM TATA NEGARA FAKULTAS SYARIAH IAIN PONTIANAK

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU BERPARTISIPASI AKTIF DALAM WORKSHOP PENYUSUNAN RPS PRODI HUKUM TATA NEGARA FAKULTAS SYARIAH IAIN PONTIANAK

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berpartisipasi aktif dalam kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)…