PONTIANAK (lpm.iainptk.ac.id) — Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., merancang kegiatan Pendampingan Konsultasi Pengembangan Dokumentasi dan Sertifikasi ISO. Kegiatan ini berlangsung di Aula A. Rani IAIN Pontianak, pada tanggal 23/07 pukul 09.30 hingga pukul 12.00. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini Sholichin Agung Darmawan, selaku Direktur Utama PT. DECRA Group Indonesia.

Dalam Katasumbutannya Wakil Rektor I menyampaikan “Kegiatan ini adalah untuk kampus tercinta kita, ketika manajemen IAIN Pontianak sudah baik, dengan sendirinya kehidupan kita, kesejahteraan kita juga akan semakin membaik. Oleh karenanya mari kita mengikuti kegiatan ini dengan serius, sampai tuntas. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wataala memberikan kelancaran untuk kita semua.” Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat di lingkungan IAIN Pontianak.

Saat ditemui diruang kerjanya, Beliau menambahkan “Sekarang kita sudah pada tahapan yang ke dua, tapah pertama tentang pengenalan ISO. Sedikit mengulang ISO merupakan satu sistem manajemen pengelolaan yang dulu hanya diperuntukan pada perusahaan-perusahaan tetapi sekarang sudah merambah ke dunia pendidikan. Nah kita termasuk terlambat, tetapi Alhamdulillah untuk ISO ini kita masuk ke daftar PTKIN yang ke 5. Dengan standar berseri 21001 keluar pada tahun 2018, artinya dengan menggunakan sistem manajemen ISO ini ada pekerjaan-pekerjaan kita yang nanti akan dipermudah dalam arti kita dituntun, didampingi untuk melakukan pengelolaan manajerial di Kampus ini dengan sistem yang berstandar Internasional.”

Beliau menegaskan “Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini lebih menekankan pada pelurusan pemahaman terhadap ISO, kemudian target-target yang ingin dicapai. Tadi juga ada menyampaikan hasil survey dari dua auditor untuk dijadikan evaluasi. Sehingga di bulan Agustus akhir kita sudah mulai melangkah untuk melakukan peyempurnaan, yang belum ada kita adakan, yang ada tapi belum sempurna kita sempurnakan. Semua itu berstandar internasional.

“Kegiatannya nanti akan ada pelatihan untuk asesor di internal kita, nanti semua tenaga dilibatkan agar mereka paham akan pekerjaannya. Tidak hanya paham dengan pekerjaan, tapi sadar juga dengan apa yang dikerjakan. Manajemn ISO ini merupakan program paripurna, tidak hanya SDMnya yang didampingi untuk bisa bekerja sesuai standar. Program aplikasi juga akan dirancang sesuai standar,” pungkasnya.

Dr. Sugeng Listyo Prabowo selaku Auditor ISO menjelaskan “ISO itu standar internasional yang akan kita implementasikan di IAIN Pontianak, dengan mengedepankan kualitas Sistem Manajemen Mutu. Adapun yang akan ditingkatkan seperti SDM, sarana, prasarana, metode, sistem, sumber daya keuangan dan lain-lain. Kita upayakan IAIN Pontianak bisa sertifikasi di akhir tahun ini. Bulan Desember tahun ini kita harapkan IAIN Pontianak sudah memiliki sertifikat ISO 21001.”

Sumber : iainptk.ac.id

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar