العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Kegiatan/Event

ROSIHAN ASLIHUDDIN BERIKAN MATERI KUNCI TERKAIT AUDIT MUTU INTERNAL DI HARI TERAKHIR BIMTEK AMI IAIN PONTIANAK

Rosihan Aslihuddin Berikan Materi Kunci Terkait Audit Mutu Internal di Hari Terakhir Bimtek AMI IAIN Pontianak

PONTIANAK – Rosihan Aslihuddin, M.A.B., dari BEST Q Institute, menjadi narasumber pada hari terakhir Kegiatan Bimbingan Teknis Audit Mutu Internal (Bimtek AMI) yang digelar oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari 20 hingga 21 Agustus 2024, bertempat di Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak.

Pada kesempatan tersebut, Rosihan Aslihuddin memaparkan materi tentang Pelaksanaan Audit Mutu Internal dengan fokus pada tiga tahapan utama: Audit Dokumen, Audit Lapangan, dan Tahapan Audit Lapangan.

Tahapan pertama, Audit Dokumen, dilakukan dengan menilai kecukupan dokumen sistem organisasi, penjaminan mutu, dan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk memenuhi persyaratan standar yang telah ditetapkan. Audit ini dilakukan di kantor oleh masing-masing auditor.

Tahapan kedua, Audit Lapangan, memeriksa apakah standar yang telah ditetapkan dalam dokumen SPMI atau yang telah dijanjikan benar-benar dipenuhi atau tidak. Audit ini juga memastikan bahwa setiap dokumen SPMI, seperti manual atau instruksi kerja, dilaksanakan dengan tertib dan benar.

 

Tahapan ketiga, Tahapan Audit Lapangan, mencakup Rapat Pembukaan, Pengumpulan Bukti Audit, Rapat Auditor/Pra Penutupan, Rapat Penutupan, serta Penyusunan Laporan Audit dan Log Status. Rosihan juga menekankan pentingnya melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penunjang atau rekaman yang tersedia selama proses visitasi. Audit Lapangan ini mencakup pemeriksaan terhadap dokumentasi, bahan material, personil, proses, dan peralatan.

Selama pelatihan, peserta diberikan bekal dan pemahaman mendalam tentang teori, konsep, metode, dan praktik terbaik dalam melakukan Audit Mutu Internal. Peserta juga diajak untuk memahami pentingnya peran dan posisi Auditor Mutu Internal dalam memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan di lembaga pendidikan tinggi berjalan dengan efektif dan efisien.

Melalui sesi-sesi interaktif dan diskusi yang dilaksanakan para peserta dapat saling bertukar pengalaman. Hal ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi mereka dalam menghadapi tantangan dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tinggi di masa yang akan datang.

Kegiatan Pelatihan Auditor Mutu Internal ini diakhiri dengan harapan bahwa semua peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolehnya dalam praktik sehari-hari, serta menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Penulis: Mala K.W.

Editor: Ajeng V.V. & Ibnu Q.R.

Bagikan:

Agustus 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

PENDAMPINGAN LPM DALAM WORKSHOP FINALISASI KURIKULUM FTIK TAHUN AKADEMIK 2025-2026 : MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION DAN MBKM

PENDAMPINGAN LPM DALAM WORKSHOP FINALISASI KURIKULUM FTIK TAHUN AKADEMIK 2025-2026 : MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION DAN MBKM

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak telah melaksanakan pendampingan intensif dalam Workshop Finalisasi Kurikulum Fakultas Tarbiyah…

TIM LPM IAIN PONTIANAK IKUTI NGOPI JAMU KE-26: FOKUS PADA BEST PRACTICES PELAPORAN BKD

TIM LPM IAIN PONTIANAK IKUTI NGOPI JAMU KE-26: FOKUS PADA BEST PRACTICES PELAPORAN BKD

Tim Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak turut berpartisipasi dalam Kegiatan Ngabuburit Mutu ke-26 yang diselenggarakan…

LPM HADIRI WORKSHOP PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK MAHASISWA DISABILITAS DI IAIN PONTIANAK

LPM HADIRI WORKSHOP PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK MAHASISWA DISABILITAS DI IAIN PONTIANAK

Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, yang diwakili oleh Muchammad Djarot, M.Pd (Koordinator Pusat PSM LPM) dan…