Pontianak, (lpm.iainptk.ac.id)–Dipercayai sebagai tuan rumah kegiatan nasional, tentu sesuatu yang spesial dan membanggakan. Itulah yang dirasakan oleh LPM IAIN Pontianak. Atas amanah dan permintaan seluruh anggota presedium PTKIN, LPM IAIN Pontianak didaulat sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut. Bertempat di Hotel Orchardz jalan Gajah Mada, Rapat Kerja (Raker) Forum Presedium Lembaga Penjaminan Mutu PTKIN se-Indonesia berlangsung lancar dan sukses selama 3 hari, dari tanggal 7-9 Februari 2020.

Sebagai salah satu anggota Forum Presedium dan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Raker Pertama ini, LPM IAIN Pontianak merasakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Dalam sambutan pembukaan rapat persiapan, ketua LPM IAIN Pontianak menyampaikan rasa bangga tersebut. “Ini sesungguhnya bukanlah program kerja LPM IAIN Pontianak, tapi kegiatan teman-teman Forum Presedium LPM Nasional. Teman-teman forum nasional sepakat menunjuk kita LPM IAIN Pontianak sebagai tuan rumah, maka kita laksanakan Raker ini. Dan ini tentu suatu kebanggaan tersendiri bagi kita yang mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah”. Demikian pernyataan Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd yang merupakan salah satu anggota Forum Presedium LMP PTKIN Indonesia.

Sebagaiaman diketahui bahwa peserta Raker pertama ini adalah seluruh pimpinan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) PTKIN Indonesia yang mendapat kepercayaan sebagai pengurus Forum. Sesuai data, Raker pertama ini dihadiri oleh 15 pimpinan LPM PTKIN Indonesia, representasi wilayah Timur hingga Barat Indonesia dan 1 Kasubdit Mutu dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Raker ini sendiri dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak. Dalam sambutan pembukanya, Warek APL memberikan apresiasi dan rasa bangganya atas pelaksanaan Raker ini, terutama kepercayaan yang diberikan oleh teman-teman PTKIN se-Indonesia yang telah menunjuk LPM IAIN Pontianak sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya, Warek APL mengaris-bahahi bahwa Era persaingan quality managemen ini, LPM menjadi bagian yang sangat urgen bagi perguruan tinggi. Jika sebelum ini kita hanya menyakini bahwa perpustakaanlah jantung ilmu pengetahuan perguruan tinggi, maka hari ini kita juga meyakini bahwa LPM lah jantungnya mutu perguruan tinggi. Karena itu penting untuk terus mensinergikan kerja-kerja mutu yang dalam hal ini dinahkodai oleh LPM, dengan kerja-kerja akademik lainnya. Demikian Dr. Firdaus Achmad, M,Hum.

Sebelumnya, ketua Forum Presedium LPM PTKIN menegaskan bahwa pentingnya Raker Forum Presedium ini untuk membincangkan banyak hal yang terkait dengan pengembangan mutu PTKIN, termasuk merumuskan program-program kerja strategis yang harus diperjuangkan untuk memajukan mutu PTKIN Indonesia. Raker ini diharapkan mampu melahirkan kesepakatan kerja dan program strategis dalam fungsinya sebagai jembatan kerjasama, komunikasi dan koordinasi antar LPM PTKIN Indonesia, demikian harapan Dr. Hidayatullah, M.Pd., yang sekaligus memohon diri pamit dari Forum Presedium ini karena baru saja dilantik sebagai Dekan Fakulas Saintek UIN Banten.

Sementa itu, Kasubdit Mutu Direktorat Pendidikan Tinggi Islam juga berharap banyak dengan kehadiran Forum Presedium ini bagi pengembangan Mutu PTKIN. Ia berharap Raker ini selain menjadi ajang silaturrahim, komunikasi dan koordinasi antara LPM PTKIN, juga menjadi jembatan yang baik antara PTKIN dengan Kementerian, terutama Subdit Mutu dalam merumuskan pengembangan mutu PTKIN Indonesia. Demikian harapan Kasubdit Mutu Zidal Huda, S.Ag., MH.

Raker ini berlangsung selama tiga hari dengan agenda kegiatan pembukaan pada jum`at malam, kemudiaan dilanjutkan dengan agenda utama Brainstorming sasaran strategis dan program kerja forum, dan perumusan renstra Forum PTKIN 2020-2021. Hari Sabtunya membicarakan tentang strategi pencapaian sargis dan sumber pendanaan kegiatan forum, dan penyusunan timescheedule kegiatan tahun 2020-2021. Kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan wisata di Kota Pontianak menutup sesi raker hari sabtu. Kemudiaan hari terakhir, minggu pagi adalah paparan hasil Raker Forum Presedium dan penutupan Raker sebelum tengah hari yang menandakan berakhirnya seluruh rangkaian Raker Forum Presedium LPM PTKIN di Pontianak tahun 2020.