العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita,  Kegiatan/Event

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

Peningkatan Kompetensi Dosen: Prof. M. Edi Kurnanto, M.Pd Beri Arahan di Workshop Jurnal Internasional

PONTIANAK – Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjadi Narasumber dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian Dosen yang diadakan oleh CV. Empowerment & Reseach Academy. Kegiatan dengan tema “Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus”. Hal itu diketahui dari Surat Undangan CV. Empowerment & Reseach Academy dengan nomor: 20/ER-Academy/VII/2024 yang diterbitkan pada tanggal 07 Juli 2024. Kegiatan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 08 hingga 12 Juli 2024 di Hotel Transera Jln Gajah Mada Pontianak.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd menyampaikan, “Dalam sebuah pelatihan, sering kali ada yang berhasil dan ada yang harus berusaha lebih keras. Kita semua berharap dapat selamat dan sukses dalam setiap langkah kita, serta istiqomah sampai akhir hayat. Saya merasa terhormat memenuhi harapan Dr. Sumin, M.Si., untuk hadir dan berbagi pengalaman tentang menulis di pagi hari ini.”

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd menekankan pentingnya menulis sebagai bagian integral dari pekerjaan akademik. “Menulis adalah bagian penting dari pekerjaan akademik kita. Namun, untuk bisa menulis secara serius, kadang-kadang pelatihan khusus seperti ini diperlukan. Pengalaman saya menunjukkan bahwa menulis membutuhkan mood yang baik, dan sering kali sulit menulis jika mood tidak mendukung. Oleh karena itu, pengkondisian yang dilakukan Dr. Sumin, M.Si., sangat membantu,” tambahnya.

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd berbagi pengalaman pribadi mengenai pelatihan penulisan jurnal internasional yang pernah diikutinya di Yogyakarta pada tahun 2022. “Saya mengadakan pelatihan penulisan jurnal internasional di Yogyakarta, dipimpin oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah, MA. Dengan anggaran Rp 80 juta, kami merencanakan pelatihan untuk 6 orang, meskipun pada akhirnya hanya 5 orang yang bisa berangkat karena satu peserta batal karena alasan keluarga,” kenangnya.

Beliau juga menekankan pentingnya mengikuti aturan jurnal yang dituju dalam penulisan artikel. “Arahan dari Prof. Dr. Irwan Abdullah, MA sangat berharga, terutama tentang pentingnya mengikuti aturan jurnal saat menulis artikel. Banyak dari kita mungkin merasa sebagai penulis hebat, namun tetap harus tunduk pada aturan jurnal yang dituju. Saya sendiri mengalami kesulitan di awal pelatihan karena tidak membawa hasil penelitian, tetapi berkat bimbingan mentor, akhirnya saya bisa menyelesaikan artikel yang layak diterbitkan,” jelasnya.

Pengalaman pelatihan di Yogyakarta mengajarkan Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd pentingnya keseriusan dan mengikuti arahan pelatih. “Saya ingat betul bagaimana submit jurnal bisa memakan waktu berbulan-bulan tanpa tanggapan. Namun, dengan ketekunan dan bantuan mentor, artikel saya akhirnya diterima dan dimuat di jurnal internasional. Pengalaman ini sangat memotivasi saya untuk terus berkarya,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd berharap pelatihan ini dapat mengembangkan dosen-dosen yang mampu menembus jurnal internasional bereputasi. “Pelatihan ini penting untuk mengembangkan dosen-dosen yang mampu menembus jurnal internasional bereputasi. Saya berharap Bapak-Ibu sekalian serius dalam mengikuti pelatihan ini dan mengambil manfaat maksimal dari arahan para pelatih. Menulis artikel bersama-sama juga bisa membantu meningkatkan jumlah dosen dengan Scopus ID, yang pada gilirannya akan meningkatkan reputasi kampus kita,” pungkasnya.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam upaya peningkatan kompetensi dosen di IAIN Pontianak, di mana bimbingan langsung dari para ahli diharapkan dapat menghasilkan karya yang membanggakan dan diakui di jurnal internasional.

Tim Pewarta LPM

Bagikan:

Juli 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

INFORMASI BAN-PT

Postingan Lainnya

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

LPM IAIN PONTIANAK AKTIF DALAM PENDAMPINGAN AKREDITASI UNGGUL PTKIN DI TANGERANG SELATAN

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Hendrick Pramana, S.T, M.T., Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, mewakili…

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN: PROF. M. EDI KURNANTO, M.PD BERI ARAHAN DI WORKSHOP JURNAL INTERNASIONAL

Prof. Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menjadi Narasumber dalam…

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

KUNJUNGAN DELEGASI UMP KE LPM IAIN PONTIANAK: FOKUS MANAJEMEN RISIKO DAN IMPLEMENTASI ISO

Menjadi momen penting bagi Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan kedatangan Ketua LPM Universitas…