العربية AR English EN Bahasa Indonesia ID Bahasa Melayu MS
Berita

Serius Support Akreditasi, LPM persiapkan Bimtek Penyusunan LKPS-LED

lpm.iainptk.ac.id – Serius mensupport program akreditasi, itulah spirit kerja yang diusung oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak. Betapa tidak, suasana kerja di tengah melonjaknya kasus pandemic covid-19 yang mengharuskan melakukan pekerjaan dari rumah (WFH), LPM terus berupaya mempersiapkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan tahun 2021. Satu diantaranya adalah Bimbingan Teknis (bimtek) penyusunan LKPS-LED 9 kriteria.

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, LPM melalui panitia kecil menggelar rapat perdana pada sore kamis tanggal 29 Juli 2021 secara virtual google meet. Rapat ini secara khusus membicarakan persiapan pelaksanaan kegiatan bimtek Penyusunan LKPS-LED yang akan dilaksanakan akhir Agustus 2021. Dua hari sebelumnya, tepatnya Selasa tanggal 27 Juli 2021 LPM juga telah menggelar rapat koordinasi untuk membahas beberapa kegiatan di LPM yang sudah mendapatkan restu (SK) dari Rektor untuk dilaksanakan, bimtek inilah salah satunya.

Dalam sambutan arahannya, ketua LPM IAIN Pontianak menjelaskan betapa pentingnya kegiatan bimtek ini dilakukan sebagai wujud komitmen lembaga dalam mensuport kegiatan akreditasi. Dimana selama ini dirasakan adanya kendala pemahaman dan teknis penyusunan LKPS-LED di tingkat prodi dan UPPS, terutama yang 9 kriteria. Karena itu, melalui kegiatan bimtek ini diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pihak Prodi dan UPPS dalam  menyusun LKPS-LED yang baik dan benar sesuai standar 9 kriteria. Demikian harapan Dr. Ali Hasymi sebagai nahkoda mutu di lingkungan IAIN Pontianak.

Lebih lanjut, Ibrahim selaku ketua panitia, yang juga Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM berharap kepada seluruh tim di LPM, terutama panitia untuk siap bekerja ekstra sungguh-sungguh melaksanakan semua kegiatan yang menumpuk di sisa waktu akhir tahun seperti ini. Termasuk beberapa kegiatan prioritas seperti bimtek ini. Sesuai jadwal, kegiatan bimtek ini akan dilaksanakan tanggal 24-26 Agustus 2021, dengan melibatkan seluruh unsur prodi dan UPPS, termasuk GKM/UPM di lingkungan IAIN Pontianak sebagai peserta. Sementara narasumber nya adalah para ahli yang telah berpengalaman dalam menyusun LKPS-LED, baik dari PTKI maupun dari PTU.

Sebagai sebuah kegiatan teknis,  bimtek ini akan dimulai dengan tahapan sosialisasi peraturan BAN-PT yang terkait dengan penyusunan LKPS-LED 9 kriteria kepada peserta. Kemudian diharapkan kepada setiap peserta untuk dapat menyiapkan data masing-masing untuk diisi di form LKPS yang dilampirkan sebagai bahan dalam bimtek nantinya. Sebagai penyelenggara,  LPM berharap bimtek ini benar-benar bisa mensupport kegiatan akreditasi di lingkungan IAIN Pontianak dalam menyiapkan isian LKPS-LED di prodi/UPPS masing-masing. Semoga.