Persiapkan AL Daring, PGMI Minta LPM Mereview Dashboard APS

PONTIANAK (https://lpm.iainptk.ac.id) – LPM melakukan review data akreditasi Prodi PGMI di ruang rapatnya pada tanggal 24 September 2020 untuk menghadapi Asesmen Lapangan (AL) atas borang akreditasi yang telah dikirm ke BANPT. Kegiatan ini merupakan permintaan Prodi PGMI yang merasa perlu mempersiapkan diri menyambut “kedatangan” para asesor BANPT yang akan melakukan asesmen secara daring. Saat ini Prodi PGMI dalam posisi menunggu pemberitahuan asesor yang akan melakukan AL daring sebagaimana program studi lain yang sudah mengirimkan borang kreditasinya.

Selama tiga jam (09.00-12.00 WIB), semua peserta rapat duduk bersama mencermati dashboard APS PGMI mulai dari laman pertama yang berisi profil Program Studi PGI dan dilanjutkan Standar 1 sampai Standar 7 serta diakhiri dengan laman video domumentasi. Setiap bagian ditampilkan, dicermati, dikritisi, dan didiskusi bersama narasumber reviewer. Beberapa hal yang dianggap kurang dicatat untuk diperbaiki oleh tim akreditasi program studi PGMI.  Meski ada beberapa dokumen yang kurang dan/atau perlu diganti atau dilengkapi, namun seluruh tim optimis semua data akan dapat ditampilkan secara utuh di dashboard APS PGMI IAIN Pontianak. Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Drs. Marzuki, M.Ed., M.A., S.H.. selaku narasumber pakar memberikan penegasan supaya  keterlibatan semua unsur pimpinan menjadi kunci keberhasilan Asesmen Lapangan, terutama pimpinan tingkat institut pada saat penyambutan, proses asesmen dan pasca asesment  Selain itu, Prof. Marzuki juga berpesan supaya pimpinan UPPS dan Kaprodi dapat membagi beban kerja dan tanggung jawab pengelolaan data akreditasi ini kepada semua anggota tim akreditasi agar data APS PGMI dapat benar-benar prima pada saat dinilai oleh asesor BANPT.

Kegiatan review APS PGMI ini melibatkan semua unsur pimpinan FTIK, Tim Akreditasi Prodi PGMI dan tenaga ahli pendamping dan LPM IAIN Pontianak. Hadir dalam peretemuan tersebut  unsur pimpinan Institut, yaitu Dr. Firdaus Achmad, M.Hum selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, unsur pimpinan UPPS yaitu oleh Dr. Ali Hasymi, M.Si, selaku Dekan FTIK, Dr. H. Yapandi Ramli, M.Pd. selaku Wadek I FTIK, Drs. Marsih Muhammad, M,Ag selaku Wadek II FTIK, Drs. Mansur, M.Pd. selaku Wadek III FTIK. Selain itu, rapat juga dihadiri oleh tim akreditasi Program Studi PGMI yang terdiri dari Kartini, S.Ag, M.Ag., selaku Ketua Program Studi, Ricka Tesi Muskania, M.Pd selaku sekretaris Program Stud, dan sejumlah dosen tetap Prodi PGMI. Sebagai ujung tombak akreditasi Prodi PGMI, mereka hadir sejak awal sampai akhir utuk menyimak presentasi dan berkontribusi aktif dalam rangka menyempurnakan data akreditasi di dashboard APS PGMI FTIK IAIN Pontianak.

Penulis : FA, Sekretaris LPM IAIN Pontianak