Pontianak – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah lembaga yang bertugas mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik. Keberadaan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak adalah dalam rangka melaksanakan kegiatan penjaminan mutu di IAIN Pontianak, terutama dalam melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun mempersiapkan dilaksanakannya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SMPE) dalam konteks akreditas institusi maupun akreditasi program studi. Tujuan penjaminan mutu perguruan tinggi adalah terjaminnya mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi baik pada masukan, proses, maupun keluaran berdasarkan peraturan perundang-undangan, nilai dasar, visi dan misi perguruan tinggi.

Manajemen kinerja merupakan instrument yang digunakan untuk mendapat hasil-hasil terbaik bagi lembaga, tim dan individu dengan mengelola kinerja sesuai dengan visi, misi, tujuan, sasaran dan standar yang telah disepakati bersama. Manajemen kinerja memungkin semua pihak yang terlibat dapat bekerjasama dan berkontribusi secara aktif dalam mencapai tujuan lembaga. Mengingat pentingnya manajemen kerja yang efektif, LPM IAIN Pontianak sudah menyusun sistem manajemen yang relevance (relevan terkait dengan input, proses dan outputnya), sensitivity (peka terhadap lingkungan dan sesuai kebutuhan), reliability (sistem yang digunakan dapat diandalkan, terpercaya, objektif, akurat, konsisten dan stabil), acceptability (sistem yang diterima dapat diterima semua pihak) dan practibility (sistem yang digunakan memberikan kemudahan kepada semua pihak yang berkepentingan) sehingga diharapkan capaiannya dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan.

Rapat pra kerja LPM yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Januari 2019 merupakan evaluasi atas kegiatan yang sudah dilakukan dalam bentuk pembuatan laporan kinerja tahun 2018 sekaligus penyusunan program kerja kerja untuk tahun 2019. Kegiatan ini juga dirangkai dengan bedah borang IAPT 3.0 yang akan dijadikan sebagai acuan untuk penyusunan rencana strategis dan rencana operasional institusi pada tahun 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh semua Pejabat dan Staff Lembaga Penjaminan (LPM) Mutu IAIN Pontianak.